×

Makanan Terbaik Untuk Ibu Menyusui Agar pertumuhan Bayi Semakin Optimal

Sebaga ibu yang baru saja melahirkan buah hati tentunya kita memiliki tugas utama yaitu memberikan nutrisi melalui ASI (Ari Susu Ibu), supaya s buah hati bisa tumbuh sehat dan opimal. Maka dari itu, Seorang ibu yang sedang menyusui harus pintar dalam memilih asupan makanan yang sehat, agar ASI yang diprodkusi dapat berkualitas, sehingga bayi sehat karena mendapatkan ASI yang berkualitas. Berikut ini kami berkan beberapa informasi makanan yang baik dikonsumsi oleh Ibu Menyusui.

Selama masa menyusui, makanan yang dikonsumsi ibu sangat mempengaruhi tumbuh kembang si kecil. Khususnya di minggu kedua dan ketiga pertama saat tubuh mulai memproduksi ASI. Untuk bisa memproduksi ASI yang cukup, seorang ibu butuh banyak energi.

Dikutip dari hellodoktor.com, sebuah penelitian menyebutkan bahwa ibu menyusui membutuhkan energi harian sekitar 478 kalori lebih banyak banyak daripada wanita yang sedang tidak menyusui. Kebutuhan ini perlu dicukupi khususnya di enam bulan pertama masa menyusui di mana anak butuh ASI eksklusif. Agar anak tumbuh cerdas, ibu yang menyusui perlu mengonsumsi makanan sehat.

Makanan yang Kaya Protein
Protein sangat penting untuk perkembangan dan perbaikan sel-sel tubuh. Protein yang dibutuhkan ibu menyusui per hari sekitar 54 gram. Sumber protein ada bermacam-macam, antara lain telur, kacang-kacangan, dan ikan.

Makanan yang Mengandung Folat
Folat sangat penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Rata-rata, ibu menyusui butuh 450 μg folat per hari. Sumber folat ini bisa didapat dari aneka sayuran hijau, gandum utuh, kacang-kacangan, dan buah alpukat.

Makanan yang Mengandung Yodium
Yodium adan jenis mineral yang esensial untuk produksi hormon tiroid untuk perkembangan otak dan sistem saraf. Ibu menyusui butuh 190 μg yodium per hari. Sumber yodium bisa didapat dari aneka produk laut, susu, dan sayuran.

Makanan yang Mengandung Zinc
Zinc adalah mineral yang penting untuk perkembangan sistem imun bayi. Ibu menyusui membutuhkan 10 mg zinc pe hari, dan bisa didapat dari sereal gandum utuh, susu, aneka produk laut, dan kacang-kacangan.

Makanan yang Mengandung Vitamin A dan Vitamin B6
Ibu menyusui butuh sekitar 800 μg vitamin A dan 2 mg vitamin B6 per hari. Vitamin A penting untuk perkembangan tubuh anak dan membantu melawan infeksi. Sumber vitamin A bisa didapat dari susu, keju, telur, ikan, sayuran warna kuning-jingga, dan buah-buahan seperti labu dan mangga. Sementara vitamin B6 penting untuk proses metabolisme dan pembentukan sel-sel darah merah. Sumber vitamin B6 ini bisa didapat dari aneka ikan, kacang polong, gandum utuh, dan daging.

Selain mencukupi kebutuhan makanan yang sehat, ibu menyusuri juga perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Menjaga pola makan sehat selama masa menyusui pada akhirnya juga bakal mempengaruhi tumbuh kembang anak ke depannya.

Nah, untuk melancarkan ASI Ibu perlu menjaga pola makan. Hal ini penting karena ASI adalah sumber nutrisi terpenting bagi bayi yang baru lahir. Berikut ini adalah makanan sehat yang dapat melancarkan ASI. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Ikan Salmon
Seperti ikan berlemak lainnya, serat dengan jenis lemak yang disebut DHA. DHA sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi anda

Susu rendah Lemak
Salah satu sumber kalsium terbaik. Susu yang serat kalsium membantu tulang bayi Anda berkembang

Air Putih
Untuk menjaga tingkat energi Anda dan produksi ASI, pastikan Anda tetap terhidrasi dengan baik

Kacang-Kacangan
Terutama yang berwarna gelap seperti kacang hitam dan kacang merah, kayak zat besi juga kaya protein non hewani

Daging sapi tanpa lemak
Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber yang sangat baik untuk protein tambahan dan Vitamin B-12

Telur
Kuning telur adalah salah satu sumber alami vitamin D-nutrisi penting untuk menjaga tulang Anda kuat dan membantu tulang bayi Anda tumbuh.

Sayur berwarna hijau
Sayuran kayak dengan vitamin A, yang perlu bayi dapatkan dari ASI

Sereal/bubur gandum
Membantu memberikan energi yang dibutuhkan setelah malam-malam panjang bergadang menjaga bayi

Beras merah
Untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan, dan dapat menjaga tingkat energi sekaligus mengontrol asupan karbohidrat.

Jeruk
Ibu menyusui membutuhkan Vitamin C dosis tinggi, bahkan lebih banyak daripada ibu hamil

Nah itulah tadi macam macam makanan yang perlu anda siapkan sebagai ibu menyusui supaya dalam memberikan ASI ke dede bayi lebih maksimal, sehingga si buah hati tetap terjaga akan nutrisi yang didapatkan supaya pertumbuhan si kecil lebih maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *